Ini Dia Tempat yang Wajib Pakai Plafon Akustik

No Comments

Tempat yang Wajib Pakai Plafon Akustik

Pada umumnya plafon memiliki fungsi untuk membatasi antara atap dengan sebuah ruangan, banyak jenis plafon yang bisa dipilih. Tapi untuk tempat-tempat tertentu jenis plafon akustik  sangat disarankan, karena memberikan kenyamanan lebih dari kebisingan dan hawa panas. Tempat apa saja itu? Berikut informasi lengkapnya.

Tempat yang Wajib Pakai Plafon Akustik

Berbagai Tempat yang Tepat dipasang Plafon Jenis Akustik

Lima tempat berikut ini memang sebaiknya diberi lapisan plafon jenis akustik. Agar aktivitas di dalamnya yang membutuhkan privasi tinggi, tak terganggu oleh kebisingan dari ruang di luarnya. Seperti lobi perkantoran atau rumah sakit, ruang meeting, perpustakaan, studio musik dan ruang keluarga. Berikut informasi detailnya.

Lobi Kantor/ Rumah Sakit

Lobi kantor adalah tempat para tamu sebuah perusahaan, menunggu untuk bertemu dengan pihak kantor. Agar mereka nyaman menunggu dan tidak mendengar suara dari ruang lain, yang bisa jadi bersifat internal. Sama halnya dengan lobi rumah sakit yang juga sangat rentan dengan kebisingan, sebaiknya diberi plafon akustik agar siapa saja yang berada di sana bisa beraktivitas dengan lancar.

Lapisan yang dibentuk dari plafon jenis ini akan membuat ruangan tersebut bukan hanya kedap suara, tapi juga tetap sejuk walaupun berisi banyak orang. Jadi selain nyaman, pihak perusahaan juga bisa hemat biaya pemasangan pendingin ruangan, sebab ruangan sudah sejuk alami.

Ruang Meeting

Dimana-mana yang namanya ruang meeting itu sangat privasi, karena pertemuan yang dilakukan di dalamnya pasti bersifat penting. Jika dibiarkan menggunakan plafon biasa, maka bisa saja informasi yang seharusnya tak diketahui banyak orang bisa jadi konsumsi publik. Sebab suara dari ruang meeting bisa didengar oleh orang di ruang lain.

Makanya perusahaan besar banyak yang memilih plafon akustik karena dianggap mampu memberikan keamanan tingkat tinggi. Apalagi kalau lapisannya dibuat dari material terpilih, dan disusun dengan desain yang tepat, dan dilengkapi dinding yang juga kedap suara maka tak akan ada suara apapun yang akan didengar oleh orang luar.

Perpustakaan

Sebagai tempat orang fokus membaca dan belajar, perpustakaan juga sangat rentan disusupi suara bising dari luar ruangan. Makanya kebanyakan perpustakaan baik sekolah, kampus hingga milik instansi tertentu menggunakan plafon jenis akustik. Sehingga proses membaca dan belajar jadi lebih tenang tanpa gangguan apapun.

Studio Rekaman/Musik

Merekam sebuah lagu, menciptakan nada dan irama, atau berlatih alat musik butuh tempat yang kedap suara. Sehingga tak mengganggu orang di luar ruangan dengan suara bising yang ditimbulkan. Kalau Anda punya studio ini, selain menggunakan lapisan dinding kedap suara pastikan juga penggunaan plafon akustik untuk meminimalisir kebisingan.

Untuk lebih memaksimalkan fungsi plafon, Anda bisa menambahkan partisi di dalam ruangan yang juga mampu menahan suara agar tidak merembes keluar ruangan dengan leluasa. Apalagi kalau studio itu berada di kawasan padat penduduk, atau bangunan multifungsi, sehingga Anda tak akan menerima komplain dari siapapun tentang aktivitas musik yang dilakukan.

Ruang Keluarga

Pada hunian individu, Anda juga bisa menggunakan plafon ini terutama di ruang keluarga, karena biasanya disinilah tempat semua anggota keluarga berkumpul dan melakukan aktivitas bersama. Ketika diberi plafon kedap suara dan penahan panas, maka ruang privasi seperti kamar, ruang makan tidak akan terganggu dengan aktivitas dari ruang keluarga tersebut.

Untuk menerapkan penggunaan plafon jenis akustik memang diprioritaskan untuk beberapa tempat di atas. Tapi kalau menurut Anda ada ruang lain yang butuh privasi tinggi, bisa juga menggunakan plafon ini untuk melancarkan aktivitas di dalamnya, seperti kamar, ruang makan, ruang kerja dan banyak lagi. Mau menggunakannya sekarang?

Categories: Dekorasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *